April 15, 2017
0
JANGAN KUATIR SOAL MIE INSTAN



Ada sebagian orang berpendapat sering mengonsumsi mie instan bisa merugikan kesehatan.
Menurut Dr. Mohammad Caesario, pendapat ini sepenuhnya benar, juga tidak sepenuhnya salah. kalau dikosumsi secara wajar, mi instan tidak berbahaya. Ia dapat menrugikan kesehatan bila dikosumsi secara berlebihan.

Bagaimanapun mie instan punya kelebihan yang berguna. Maknan ini murah , penyimpananya juga mudah dan praktis. bisa menjadi pilihan di saat darurat. Tidak mudah menemukan batasa antara kosumsi yang wajar dan berlebihan. Yang pasti anjuran umum dalam mengosumsi makanan usahakan bervariasi. jadi sebaiknya jangan makan mie setiap hari. 

Mi instan yang kita jumpai di pasar merupakan produk yang sudah mendapatkan persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan ( BPOM ). bila diperhatikan dengan teliti pada kemasanya, disana terdapat pesan yang di sampaikan secara tersirat.


Terlihat sebuah mangkuk atau piring yang berisi mi dengan lauk pauk lainya, seperti sayuran.
pesanya kira-kira begini : ' Akan lebih baik kalau anda mengonsumsi mi ini ditambah dengan sumber protein lain dan serat';

Pesan ini penting karena memang komposisi nutrisi mi instan tidak seimbang. Sebagian besar kandunganya adalah karbohidrat yang berasal dari tepung terigu, sedangkan kandungan serat dan protein sangat kecil.

serat hanya sekitar 2 - 3 gram per kemasan, Protein hanya sekitar 7 - 9 Gram per kemasan. Mi instan bisa menjadi maknanan dengan gizi yang seimbang bila dikosumsi dengan tambahan , katakanlah telur rebus, sayuran seperti sawi hijau , daun bawang , dan irisan tomat.



Kandungan lain yang cukup dominan di dalam mi instan adalah mineral di dalam bumbunya, terutama natrium. Pada kemasan natrium mungkin tertulis sebagai sodium.

umumnya berbentuk garam, penguat rasa monosodium glumate ( MSG ) dan pengawet natrium benzoate. Kandungan natrium per kemasan terhitung cukup tinggi, mencapai sekitar 700 - 1.000 mg.

sebetulnya natrium termasuk mineral yang vital untuk kelangsungan metabolisme tubuh kita.
Namun bila terlalu banyak dikosumsi , mineral itu justru merugikan kesehatan sebab bisa meningkatkan tekanan darah, menimbulkan hipertensi, gangguan denyut jantung, hingga akumulasi cairan yang bisa menyebabkan bengkak pada organ-organ vital , salah satunya otak.


Intinya ya guys , jika ingin mekosumsi mie instan kudu ada batasanya , dan jangan berlebihan 
lebih berharga kesehatanmu daripada uang yang km punya :) uang bisa di cari . tapi kesehatan sungguh lebih berharga ,
Dan jangan lupa guys , kosumsi mie instan dengan sayur2 an ya :)

Terimakasih dan jangan lupa berlangganan artikel saya dan SHARE ke teman² anda :)

0 komentar:

Posting Komentar